Senin, 09 Januari 2017

7 Hal Ini Mahasiswa di Jatinangor Wajib Tahu

Posted By: Unknown - 1/09/2017 10:07:00 PM

Share

& Comment

mahasiswa unpad jatinangor

JATINANGOR merupakan kecamatan di Kabupaten Sumedang yang dicanangkan sebagai kawasan pendidikan. Beberapa perguruan tinggi seperti InstitutTeknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) berada di Jatinangor.
Hal itu membuat Jatinangor kebanjiran ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah setiap tahunnya.
Bagi mahasiswa baru, terutama yang merantau dari daerah yang jauh, mereka harus pintar beradaptasi dengan lingkungan baru. Pada tahap ini, peluang mahasiswa mengalami gegar budaya sangatlah besar.
“Setiap individu atau manusia, kalau dia memasuki lingkungan baru pasti akan mengalami perubahan. Kalau bagi mahasiswa, dari factor lingkungan saja sudah berubah dari SMA ke kuliah. Misalnya, tadinya ia tinggal di rumah sekarang tinggal kos. Perubahan-perubahan ini membuat dia harus beradaptasi,” ujar Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Laila Qodariah.
Untuk meminimalisasi dampak gegar budaya itu, calon mahasiswa sebaiknya mengatuhi informasi seputar tempat yang akan mereka tinggali.
Berikut ini hal-hal yang harus diketahui mahasiswa baru di Jatinangor agar dapat menyiapkan diri menghadapi kehidupan yang baru.

mahasiswa unpad jatinangor jatinangor kota pendidikan


Tempat Tinggal
Ada beragam tempat bermukim di Jatinangor mulai dari kos, lomplek perumahan, hingga apartemen. kos di Jatinangor memiliki harga beragam. Harga menentukan fasilitas yang didapat, luas kamar, dan seberapa strategis lokasi tempat tinggal. Pilihan kedua ialah komplek perumahan, ada tiga pilihan perumahan  di Jatinangor, antara lain, Jatinangor City Park di Jalan Raya Jatinangor, Perumahan Puri Indah dan Perumahan Vinus di Jalan Kolonel Ahmad Syam atau  yang biasa disebut Jalan Sayang.
Terdapat empat pilihan apartemen di Jatinangor, yaitu Easton Park, Pinewood, Skyland City, dan Taman Melati Jatinangor. Pilihlah tempat tinggal yang sesuai dengan kantong dan perhatikan peraturan yang berlaku agar bisa tinggal dengan aman.
Juga ada kawasan khusus kost dengan konsep One Stop kost Estate seperti Awani studento yang dijamin aman nyaman memuaskan.
one stop kost jatinangor

Tempat Makan
Di Jatinangor, terdapat banyak layanan pesan antar makanan 24 jam yang cukup populer. Tempat makan yang memberikan jasa tersebut antara lain, Gemboel, Hipotesa, BKI, dan Munjul. Harga makanan berkisar Rp 10-20 ribu. Ada pula tempat makan yang menjadi pilihan di sekitar kampus Unpad. Lokasinya berada di jalan menuju gerbang utama Unpad atau biasa disebut gerlam.
kongkow asik di jatinangor

Sarana Kesehatan
Jauh dari orang tua menuntut kemandirian bahkan saat sakit. Kamu dapat berobat ke beberapa tempat seperti Klinik Padjadjaran di Unpad dekat gerbang baru. Di klinik ini, pasien bisa mendapat potongan biaya dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa. Sarana kesehatan lainnya yaitu Klinik Jatinangor dan Puskesmas Jatinangor.
klinik padjadjaran jatinangor

Sarana Transportasi
Jatinangor merupakan wilayah kecil yang masih berkembang. Tidak semua yang kamu butuhkan dapat dijumpai di wilayah ini. Karena itu, mahasiswa Jatinangor cenderung memiliki mobilitas tinggi keluar-masuk Jatinangor.  Transportasi umum yang sering digunakan untuk mobilitas mahasiswa  di antarnya yaitu angkot cokelat dengan rute Sumedang-Cileunyi yang beroperasi 24 jam.Kedua, angkot hijau trayek Majalaya-Sayang-Gedebage.
Ada pula Bus Damri dengan rute Jatinangor-Dipatiukur dan Jatinangor-Elang.  Jam beroperasinya mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore dengan tarif Rp 6-7 ribu. Keempat, Bus Explore dengan rute Jatinangor-Cimahi. Jam beroperasinya mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Kelima, Tiyasa Trans dengan rute Jatinangor-Dipati Ukur. Jam beroperasi mulai pukul 6.15 WIB hingga 22.15 WIB dengan pemberangkatan setiap 30 menit sekali. Tarifnya Rp 17ribu.
Keenam, Geulis Travel dengan rute Jatinangor-Dipatiukur yang beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 21.30 malam. Pemberangkatan setiap 30 menit sekali dengan tarif Rp 18 ribu. Terakhir, Arnes Shuttle, dengan rute Jatinangor-Baltos yang beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 11 malam. Pemberangkatan setiap 15 menit sekali dengan tarif Rp 20 ribu.
damri dipatiukur jatinangor

Perlengkapan Alat Tulis dan Percetakan
Sebagai mahasiswa, kebutuhan alat tulis, fotokopi, dan cetak-mencetak menjadi sesuatu yang penting. Sejumlah tempat direkomendasikan di Jalan Raya Jatinangor untuk memenuhi perlengkapan alat tulis.  Di sana , tidak hanya dijual perlengkapan alat tulis tapi juga menyediakan penyewaan proyektor dan layarnya, juga perlengkapan ospek setiap tahun ajaran baru.
Untuk kebutuhan fotokopi dan percetakan, kami merekomendasikan Copa Copy yang memiliki empat cabang di Jatinangor. Namun, hanya satu cabang yang buka 24 jam, yaitu Copa Copy di Jalan Sayang, di seberang Penginapan Gerkopin. Cabang lainnya berda di Jalan Raya Jatinangor di dekat pertigaan Kecamatan Jatinangor, Jalan Ciseke, dan sekitar 100 meter dari cabang pertama.
Perlengkapan Alat Tulis dan Percetakan

Sarana Olah Raga
Hanya dengan bermodal kemauan, kamu bisa berolahraga di tempat-tempat gratis, seperti GOR Jati Unpad yang buka pukul 6.00-18.00 WIB. Gor ini memiliki trek lari dan lapangan sepak bola terbuka, juga ruangan tertutup. Bagi yang menginginkan jalutrek lari yang lebih menantang, kamu bisa pilih memutari Unpad dengan medan naik-turun sepanjang 3 km.
Untuk yang menginginkan pemandangan indah saat berlari, kamu bisa mengitari danau Arboretum di Unpad.Terakhir, untuk yang suka bermain basket, lapangan Masjid Raya Unpad dapat kamu gunakan.

Stadion Jati Padjadjaran

Tempat Perbelanjaan
Setidaknya ,terdapat empat tempat perbelanjaan yang memberi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pertama, Jatinangor Town Square atau biasa disebut Jatos di seberang Polsek Jatinangor. Jatos beroperasi setiap hari dari pukul 11.00 hingga 22.00W WIB. Terdapat bioskop juga di dalamnya yang beroperasi hingga tengah malam.
jatos

Kedua, pasar tradisional Jatinangor yang terletak di seberang hotel Jatinangor. Pasar ini menyediakan bahan pangan seperti sayur, buah dan lauk pauk. Pasar beroperasi mulai pukul 5 pagi.

Ketiga, Pasar Unpad (Paun) yang ada pada hari Minggu saja mulai subuh hingga sekitar pukul 13.00 siang. Paun menyediakan berbagai perlengkapan kos, rumah tangga, pakaian, serta makanan. Keempat, toko serbaada Sabar Subur. Segala macam kebutuhan kos bisa dicari di toko tersebut. Lokasinya berada di sebelah Bank BRI cabang Jatinangor.***
(Ziaulika Urbakh Zaen, Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad)

About Unknown

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Kost Unpad Jatinangor

Designed by Templatezy