Minggu, 08 Mei 2016

Jalur pendaftaran masuk Universitas Padjadjaran UNPAD

Posted By: Unknown - 5/08/2016 03:23:00 AM

Share

& Comment

Jalur pendaftaran masuk Universitas Padjadjaran UNPAD

 Jalur pendaftaran online masuk Universitas Padjadjaran UNPAD. Simak pembahasannya berikut ini. 

1. Pendaftaran SNMPTN UNPAD

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi secara akademik yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

SNMPTN biasa juga disebut jalur undangan, karena hanya siswa yang mendapat undanganlah yang bisa mengikuti jalur seleksi ini. Jadi, dapat disimpulkan hanya siswa yang berprestasi dan mendapat undangan yang bisa mengikuti jalur seleksi ini.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 2 cara, yaitu (1) pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website www.snmptn.ac.id.

Pengisian data dilakukan oleh Kepala Sekolah melalui alamat pdss.snmptn.ac.id . Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan data siswa yang akan didaftarkan mengikuti SNMPTN. Setelah mengisi data di alamat tersebut, maka akan mendapatkan NISN dan Password untuk masing-masing siswa. Berikan NISN dan Pasword tersebut kepada masing-masing siswa agar mereka dapat melakukan verifikasi data pendaftaran di PDSS.

Setelah melakukan verifikasi, siswa pendaftar melakukan pendaftaran SNMPTN ke alamatwww.snmptn.ac.id. Berikut ini akan diberikan alur pendaftaran online SNMPTN. Simak dengan baik.
  • Pendaftar login ke www.snmptn.ac.id
  • Pendaftar login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  • Pendaftar melakukan pengisian data, saat memilih Universitas, Pilih UNPAD.
  • Pendaftar mencetak kartu tanda peserta SNMPTN
Keterangan lebih detail mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, tahapan pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dan lain-lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNPAD

Jalur pendaftaran masuk Universitas Padjadjaran UNPAD


SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  yang merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA / Sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir yang ingin mendaftar dan tidak harus mempunyai prestasi akademik yang unggul. Siswa yang mempunyai kemampuan sedang pun bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. 

Seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta SBMPTN dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan. Ujian keterampilan biasanya dilaksanakan setelah ujian tertulis.

Di bawah ini akan diberikan tutorial pendaftaran online SBMPTN. Simak pembahasannya berikut ini:
  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Lakukan pengisian data awal dan cetak bukti pengisian data awal jika telah mengisinya
  • Bawa bukti tersebut saat membayar biaya pendaftaran di Bank
  • Setelah membayar, akan mendapatkan KAP dan PIN.
  • Gunakan KAP dan PIN untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  • Calon peserta melakukan pengisian data di alamat tersebut dengan lengkap dan benar. Anda dapat memilih UNPAD sebagai PTN pilihan anda.
  • Jika telah selesai, calon peserta mencetak kartu tanda peserta SBMPTN.
  • Pendaftar membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian berlangsung.
Penting.!!! Pendaftar bidikmisi tidak harus membayar di Bank untuk mendapatkan KAP dan PIN, karena KAP dan PIN bisa didapatkan setelah mengisi data pendaftaran Bidikmisi.

Penjelasan tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaram, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN, dan lain-lainnya bisa dibaca pada artikel yang telah dibuat sebelumnya yang berjudul Panduan Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi UNPAD

Jalur pendaftaran masuk Universitas Padjadjaran UNPAD

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Selain itu, calon mahasiswa juga diharuskan mempunyai prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id. Calon peserta dapat mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran.

Petunjuk pendaftaran atau cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada Panduan Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur SMUP UNPAD

SMUP adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara mandiri oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Untuk bisa lulus tentu saja harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jangan sampai melewatkan jalur ini karena jalur SMUP ini merupakan jalur terakhir untuk anda yang ingin kuliah di Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Jalur SMUP ini dibuka untuk program Diploma, Sarjana, Spesialis & Profesi, dan Pascasarjana. Berikut rincian informasinya untuk anda.

a. SMUP Program Diploma

Penerimaan mahasiwa baru program Diploma 3 dan Diploma 4 dilakukan melalui seleksi tersendiri yaitu melalui seleksi masuk program Diploma. Seleksi dilakukan melalui ujian tes tertulis, tes MMPI, dan tes wawancara

b. SMUP Program Sarjana

Seleksi program sarjana dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Informasinya telah dijelaskan di atas. Silahkan lihat kembali.

c. SMUP Program Pascasarjana

Bagi anda yang ingin kuliah di UNPAD untuk jenjang pascasarjana, maka dapat mengikuti seleksi masuk untuk jenjang Pascasarjana.

Seleksi masuk program pascasarjana terdiri atas seleksi administrasi (proposal penelitian dan nilai TOEFL/ IELTS) dan ujian wawancara. Jika tidak ada perubahan, maka seleksi Program Magister untuk tahun ini tidak ada ujian tertulis

d. SMUP Program Spesialis dan Profesi

Seleksi masuk Program Spesialis dan Profesi dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian lainnya sesuai ketentuan program studi masing-masing.

Penting!! Untuk semua program jalur SMUP

Untuk bisa mendaftar, maka harus dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui laman http://smup.unpad.ac.id/ . Untuk jadwal pelaksanaan dapatdilihat disini.

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda dalam melakukan proses pendaftaran online UNPAD. Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi. Terima kasih untuk anda yang telah membaca informasi di web ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.
#unpad #snmptn #smbptn #awanistudento #jatinangor

About Unknown

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Kost Unpad Jatinangor

Designed by Templatezy